Upacara Peringatan HUT BPK Ke 68

15/01/2015 – 16:34

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-68 Badan Pemeriksa Keuangan, BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat  melaksanakan upacara bendera pada tanggal 15 Januari 2015 yang diikuti oleh seluruh pegawai. Kegiatan upacara ini merupakan puncak peringatan HUT BPK setelah sebelumnya diadakan berbagai macam lomba untuk memperingati HUT BPK.  Bertindak selaku Inspektur Upacara yaitu Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Barat, Bapak Didi Budi Satrio. Pada kesempatan ini, Inspektur upacara membacakan pidato Ketua BPK, Bapak Harry Azhar Azis.

Dalam awal pidatonya, Ketua menyampaikan bahwa dengan adanya kenaikan remunerasi bagi pegawai BPK, kita harus menunjukkan rasa tanggung jawab dan disiplin agar semangat independensi, integritas dan profesionalisme dapat kita junjung tinggi dalam rangka pengabdian kita kepada ibu pertiwi.

Ketua juga menyampaikan bahwa BPK harus makin mengintensifkan pemantauan dan pembahasan tindak lanjut hasil pemeriksaan dengan entitas yang diperiksa. Dalam lima tahun terakhir (2010 s.d. Semester I 2014), BPK menyampaikan sebanyak 201.976 rekomendasi senilai Rp66,17 triliun kepada entitas yang diperiksa. Dari jumlah tersebut, baru sebanyak 50,86% atau 102.719 rekomendasi senilai Rp22.45 triliun yang ditindaklanjuti sesuai dengan rekomendasi. Sisanya masih dalam proses tindak lanjut dan ada yang belum ditindaklanjuti. Efektifitas pemantauan dan pelaksanaan tindak lanjut dapat memberkan kontribusi bagi pengembalian kerugian negara yang cukup besar, yang pada gilirannya dapt digunakan untuk membiayai program pembangunan.

Selain itu, terkait dengan penyiapan Renstra  Tahun 2016 – 2020, dalam mengembangkan strategi pemeriksaan lima tahun ke depan, sudah waktunya BPK meningkatkan perhatian pada pemeriksaan kinerja. Pemeriksaan kinerja tersebut difokuskan pada program-program yang berkaitan dengan upaya peningkatan kesejahteraan rakyat.

Dalam akhir sambutannya, Ketua berpesan kepada seluruh jajaran di BPK untuk selalu menjunjung tinggi independensi, integritas, dan profesionalisme.


  • Polls

    Bagaimana Pendapat Anda Terkait Tampilan Website Kami ???

    View Results

    Loading ... Loading ...