Media Workshop: Peran PPID dan PIK dalam KIP, serta Pengendalian Gratifikasi

07/10/2016 – 17:05

1568PONTIANAK. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bertugas untuk memeriksa pengelolaan keuangan dan tanggung jawab keuangan negara yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Lembaga Negara Lainnya, Bank Indonesia (BI), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Layanan Umum (BLU), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan lembaga atau badan lain yang mengelola keuangan negara.

20161006_08252921Dalam rangka melakukan tugas-tugas tersebut, tentunya BPK sebagai lembaga publik perlu menjalin hubungan dan kerja sama yang baik dengan berbagai pihak eksternal, dimana salah satunya adalah dengan pihak media massa, baik cetak maupun elektronik. Hal ini untuk menginformasikan sampai sejauhmana akuntabilitas BPK, baik hasil-hasil yang sudah diperoleh maupun usaha-usaha yang dilakukan dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya.

2347Untuk meningkatkan hubungan dan kerjasama yang baik dengan pihak media cetak dan elektronik, BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat sebagai Perwakilan BPK di tingkat provinsi yang ditugaskan untuk melakukan pemeriksaan atas pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah di wilayah Provinsi Kalimantan Barat, menyelenggarakan kegiatan media relation berupa media workshop dengan seluruh media cetak dan elektronik yang ada di Kota Pontianak dan sekitarnya.

Tujuan diadakannya kegiatan media workshop  ini adalah untuk menyelenggarakan publikasi atau menyebarluaskan informasi kepada berbagai media tentang aktivitas atau kegiatan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat yang pantas untuk diketahui oleh publik. Dengan publikasi yang baik dan terorganisasi, diharapkan lembaga BPK semakin mendapat kepercayaan dari publik, dan tidak terjadi kesalahpahaman terhadap suatu peristiwa atau permasalahan yang terjadi khususnya dalam pertanggungjawaban atas pengelolaan keuangan negara/daerah.

1816P13ada acara media workshop kali ini, BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat mengundang pimpinan redaksi/kepala kantor media cetak dan elektronik atau yang mewakili, dan teman-teman wartawan dari masing-masing media di Provinsi Kalimantan Barat yang berkedudukan di Kota Pontianak maupun kantor perwakilan atau kontributor, terkait Peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan Pusat Informasi dan Komunikasi (PIK) dalam Keterbukaan Informasi Publik di Lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat.

Selain itu, BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat juga mengundang dari Humas Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Mempawah, untuk sharing informasi dan pengalaman tentang peran PPID dan pengelolaan informasi publik di masing-masing pemerintah daerah, terutama tentang data-data yang terkait dengan data-data internal maupun pertanggungjawaban laporan keuangan, dan hasil-hasil pemeriksaan baik yang dilakukan oleh BPK Perwakilan, Aparat Pemeriksa lainnya baik internal maupun eksternal.

Sebagai komitmen BPK terhadap nilai-nilai dasar BPK, terutama dalam kegiatan pemeriksaan yaitu  Integritas, Independensi dan Profesional, pada media workshop ini juga disampaikan terkait Pengendalian Gratifikasi di BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat.

Dengan jumlah 55 (lima puluh lima) peserta yang hadir dari Humas Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Humas Kota Pontianak, Humas Kabupaten Kubu Raya dan Humas Kabupaten Mempawah serta media cetak dan elektronik, kegiatan media workshop ini buka oleh Plh. Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat, Suwarno (Kepala Sekretariat Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Barat) di Hotel Mercure Pontianak, Jalan Ahmad Yani No.91, Bangka Belitung Laut, Kota Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat 78124, Kamis (06/10/2016).

2019Sebagai narasumber media workshop adalah Suwarno (Kepala Sekretariat Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Barat/Sekretaris PPID/Ketua PIK), Patrice L. Sihombing (Kepala Subauditorat Kalimantan Barat I/Pejabat Pembantu PPID Bidang Pemeriksaan), Joni R. Putra (Kepala Subauditorat Kalimantan Barat II/Pejabat Pembantu PPID Bidang Pemeriksaan), Deddy Ardianto (Kepala Subbagian Hukum/Pejabat Pembantu PPID Bidang Hukum), dan dipandu oleh moderator yaitu Wizar D. Yatim (Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat dan Tata Usaha Kepala Perwakilan/Pejabat Pembantu PPID Bidang Informasi Pimpinan dan Hubungan Masyarakat).


  • Polls

    Bagaimana Pendapat Anda Terkait Tampilan Website Kami ???

    View Results

    Loading ... Loading ...