Seminar “Kebahagiaan yang Sinergi di Rumah dan di Kantor”

16/12/2016 – 20:10

PONTIANAK. Employee Care Center (ECC) pada Biro Sumber Daya Manusia Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia menyelenggarakan seminar “Kebahagiaan yang Sinergi di Rumah dan di Kantor”, di Ruang Rapat Pimpinan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat, Jalan Ahmad Yani Pontianak, Kalimantan Barat 78124, Selasa (06/12/2016).

Acara seminar yang berlangsung selama dua hari (06 dan 07 Desember 2016) dibuka oleh Kepala Sekretariat Perwakilan, Suwarno dan peserta seminar adalah pegawai pada Pelaksana BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat.

Seminar “Kebahagiaan yang Sinergi di Rumah dan di Kantor” disampaikan oleh seorang narasumber Ibu Sitti Evangeline I Suaidy, beliau merupakan Dosen Bagian Klinis Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri  (UIN) Syarif Hidayatullah Ciputat Jakarta.

Dalam sambutan Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat yang dibacakan oleh Kepala Sekretariat Perwakilan, Badan Pemeriksa Keuangan memiliki wewenang memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan Negara yang dalam pelaksanaannya dilakukan oleh para pegawai BPK, baik untuk melakukan tugas pemeriksaan maupun tugas penunjang dan pendukungnya. Memahami bahwa para pegawai BPK tidak terpisahkan dari unit terkecil dalam masyarakat yaitu keluarga, maka BPK melakukan upaya agar kesejahteraan fisik dan mental pegawai BPK beserta keluarganya dapat tercukupi secara memadai, sehingga dapat bekerja dengan baik. Salah satu upaya yang dilaksanakan adalah edukasi psikologis seperti yang dilaksanakan melalui kegiatan tersebut.

Pegawai pada lingkungan BPK, baik para pemeriksa maupun pegawai yang bertugas di unit lain, dalam kesehariannya memiliki beragam peran, baik sebagai profesional di tempat kerja maupun sebagai bagian dari keluarga dan lingkungannya. Ada kalanya terjadi benturan-benturan antara tugas peran yang satu dengan peran lainnya, misalnya seorang ayah atau ibu yang perlu mendidik putra-putrinya di rumah namun harus bertugas melakukan pemeriksaan jauh dari rumah selama beberapa waktu. Tantangan tersebut bisa jadi akan mengurangi konsentrasi dan produktivitas di tempat kerjanya. Padahal sebagai individu dewasa, pencapaian di tempat kerja adalah suatu poin yang penting bagi kesehatan mentalnya, namun demikian juga keberhasilan di rumah sangat berpengaruh terhadap dirinya.

Kepala Perwakilan berharap dengan adanya seminar ini para pegawai di lingkungan BPK mendapatkan informasi yang memadai bagaimana menjadi individu yang lebih bahagia, sehat dan produktif, sehingga dapat menjadi bagian penting bagi BPK dalam mewujudkan visi, misi, dan tujuannya.


  • Polls

    Bagaimana Pendapat Anda Terkait Tampilan Website Kami ???

    View Results

    Loading ... Loading ...