UPACARA BENDERA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA TAHUN 2017

01/06/2017 – 11:07

Untuk pertama kalinya  dalam sejarah berdirinya Republik Indonesia pada hari ini Kamis 1 Juni 2017 bertempat di halaman Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat, seluruh pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. Upacara kali ini dipimpin oleh komandan upacara Deddy Ardianto, Kepala Subbag Hukum. Sedangkan inspektur upacara adalah Kepala Subauditorat Kalbar II, Agvita Windiadi yang mewakili Kepala Perwakilan yang sedang bertugas ke Jakarta. Tujuan upacara kali ini yaitu agar meneguhkan komitmen untuk lebih mendalami, menghayati, dan mengamalkan nilia-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Inspektur upacara menyampaikan sambutan Presiden Republik Indonesai, Joko Widodo untuk mengajak peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan. Ceramah keagamaan, materi pendidikan, fokus pemberitaan dan perdebatan di media sosial harus menjadi bagian dalam pendalaman dan pengalaman nilai-nilai Pancasila.

Selain itu juga Presiden mengingatkan agar senantiasa waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila. Pemerintah pasti bertindak tegas terhadap organisasi-organisasi dan gerakan-gerakan yang Anti Pancasila, Anti UUD 1945, Anti NKRI, Anti Bhineka Tunggal Ika. Pemerintah pasti bertindak tegas jika masih terdapat paham dan gerakan komunisme yang jelas-jelas sudah dilarang di bumi Indonesia.

Diakhir sambutannya Presiden mengajak untuk menjaga perdamaian, persatuan, dan jaga persaudaraan diantara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu-membahu, bergotong royong demi kemajuan bangsa Indonesia.

Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua Indonesia, semua Anda Pancasila. Saya Indonesia, saya Pancasila.


  • Polls

    Bagaimana Pendapat Anda Terkait Tampilan Website Kami ???

    View Results

    Loading ... Loading ...