Senin, 16 Oktober 2017 

UPACARA PERINGATAN HUT KE-72 PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA DI LINGKUNGAN BADAN PEMERIKSA KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI KALIMANTAN BARAT

17/08/2017 – 11:16

Bertempat di halaman BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat, Kamis 17 Agustus 2017 diikuti oleh seluruh jajaran pejabat struktural, fungsional, dan pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 Tahun 2017. Tema Peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2017 ini adalah Indonesia Kerja Bersama, dengan slogan Kerja Bersama, Bersama Kerja. Selaku Komandan Upacara kali ini adalah Ketua Tim Senior, Heribertus Kurniawan dengan Inspektur Upacara Kepala Perwakilan, Ida Sundari.

Tema “Indonesia Kerja Bersama” diangkat dalam Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan tahun ini untuk mengingatkan kembali bahwa Bangsa Indonesia mempunyai budaya gotong royong. Sejarah membuktikan bahwa semangat gotong royong dapat menjadi perekat sosial yang membangun kebersamaan dan harmoni di antara keberagaman ras, suku, dan agama.

Dalam sambutannya Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara yang dibacakan oleh Inspektur Upacara menyampaikan bahwa di usia negara kita yang ke-72 ini, kita dihadapkan pada berbagai tantangan yang tidak ringan. Oleh karena itu, kita harus memanfaatkan momentum kemerdekaan kali ini dengan meneladani perjuangan para pahlawan, sekaligus mengisi kemerdekaan melalui pelaksanaan tugas kita di BPK.

BPK sebagai salah satu lembaga negara harus mengambil peran strategis untuk mengisi kemerdekaan ini. Peran tersebut diwujudkan melalui Visi BPK dalam Rencana Strategis 2016-2020, yaitu sebagai pendorong  pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan bernegara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat. Untuk mencapai visi ini, BPK akan memastikan program-program prioritas pembangunan nasional yang telah direncanakan, dilaksanakan dan dilaporkan secara transparan, akuntabel, ekonomi, efisien, dan efektif.

Dengan demikian, fokus pemeriksaan BPK, tidak hanya pada assurance terkait administrasi pengelolaan keuangan negara, tetapi juga assurance terkait capaian substansi (outcome dan dampak) atas program pembangunan pemerintah.

Prinsip kerja sama dan gotong royong sesuai slogan “Kerja Bersama, Bersama Kerja”, sejalan dengan upaya kita dalam membangun sinergi bersama untuk meningkatkan kualitas dan manfaat kelembagaan BPK. Hal ini penting untuk mempertahankan kepercayaan publik, terutama pada saat BPK sedang mendapatkan sorotan publik.

Untuk meningkatkan kualitas dan manfaat kelembagaan BPK ini, kita perlu memperkuat implementasi Standar Pemeriksaan Keuangan Negara dan Kode Etik. Apabila ada dugaan pelanggaran kode etik, sebaiknya diingatkan dan jika perlu dilaporkan ke Majelis Kehormatan Kode Etik. Selain itu, Quality Control dan Quality Assurance juga harus ditingkatkan efektivitasnya.

Selain itu ketua BPK juga menyampaikan meskipun lembaga kita mendapat sorotan publik, namun kita patut bersyukur atas capaian BPK pada akhir-akhir ini. Pertama, laporan keuangan BPK Tahun 2016 memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dan
akuntabilitas kinerja BPK merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia dengan predikat A dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Perbaikan kualitas akuntabilitas pemerintah pusat dan daerah saat ini juga tidak lepas dari peran BPK melalui rekomendasi terkait pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

Di dunia internasional, BPK dipercaya kembali memimpin Kelompok Kerja Pemeriksaan Lingkungan Organisasi Lembaga Pemeriksa sedunia (INTOSAI) perode 2017-2019. Selain itu, BPK menjadi pemeriksa eksternal Laporan Keuangan Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) periode 2016-2017 yang diperpanjang sampai dengan tahun 2022. BPK juga ditetapkan sebagai Sekretariat ASEANSAI untuk periode 2018 – 2023.

Diakhir sambutannya Ketua BPK mengajak kepada seluruh Pegawai di Lingkungan      BPK RI untuk senantiasa bekerja bersama dan tetap memegang teguh integritas, independensi, dan profesionalisme untuk meningkatkan kepercayaan pemangku kepentingan terhadap BPK. Dan selalu berdo’a semoga Allah SWT selalu memberikan bimbingan dan petunjuk-Nya kepada kita semua, serta memberkati upaya kita dalam membangun bangsa dan negara. Semoga semua langkah kita dijadikan sebagai ladang amal ibadah dan kebaikan untuk masyarakat, bangsa, dan negara.

Pada peringatan Upacara HUT RI ke-72 Tahun 2017 kali ini  Sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor: 65/TK/TAHUN 2017 tanggal 25 Juli 2017 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya terdapat empat pegawai di Lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat yang mendapat penghargaan atas pengabdiannya sebagai PNS sekurang-kurangnya sepuluh tahun, dua puluh tahun, atau tiga puluh tahun. Adapun pegawai yang mendapat penghargaan tersebut yaitu: Patrice Lumumba Sihombing dan Andriyatno dengan Satyalancana Karya Satya XX Tahun, Astomo Fitra Wibowo, dan Mukhlis Mashudi Rahmawan dengan Satyalancana Karya Satya X Tahun. Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya ini diberikan secara langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat.

 


  • Polls

    Bagaimana Pendapat Anda Terkait Tampilan Website Kami ???

    View Results

    Loading ... Loading ...