Kuliah Umum Anggota VI BPK di Universitas Muhammadiyah Pontianak dan Poltekkes Kemenkes Pontianak

13/10/2017 – 14:48

Pontianak, 13 Oktober 2017-Kamis, 12 Oktober 2017 bertempat di Aula Kampus Universitas Muhammadiyah Pontianak, Anggota VI BPK RI Harry Azhar Azis menyampaikan Kuliah Umum di hadapan para mahasiswa dan dosen Universitas Muhammadiyah. Kuliah Umum dengan tema “Pengelolaan Keuangan Negara untuk Kesejahteraan Rakyat” dimoderatori oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Samsuddin, turut hadir dalam acara ini Rektor Universitas Muhammadiyah, Helman Fachri, Auditor Utama Keuangan Negara KN VI, Dori Santosa, Kaditama Binbangkum BPK, Nizam Burhanuddin, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Barat, Ida Sundari, serta para pejabat struktural di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat.

Anggota VI mengatakan, sesuai dengan tugasnya, Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK RI) menjadi salah satu pihak yang berperan besar dalam menjaga dan memastikan keuangan negara dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Seluruh aktivitas pembangunan di bidang apapun selalu menggunakan keuangan negara, baik pembangunan ekonomi, politik, sosial, dan budaya memerlukan keuangan negara yang harus dikelola dan dipertanggungjawabkan dengan baik dan benar.

Jika kita melihat beberapa indikator kesejahteraan rakyat seperti tingkat kemiskinan, tingkat pengangguran, dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang menunjukan data-data belum tercapainya kesejahteraan rakyat, maka penggunaan uang negara yang tidak taat aturan dapat mengakibatkan tidak tercapainya tujuan penggunaannya. Melalui pemeriksaan keuangan negara, BPK dapat mendorong penggunaan keuangan negara secara transparan dan akuntabel untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. “Mengelola uang negara harus dilakukan secara terbuka dan bertanggungjawab, karena dua unsur ini yang menjadi aspek utama dalam good governance. Transparansi dan akuntabilitas menjadi tujuan penggunaan uang negara yang digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat”.

Selain di Universitas Muhammadiyah Pontianak, Anggota VI BPK RI juga melaksanakan kuliah umum dengan tema “Pengelolaan Keuangan Negara dan Peningkatan Pelayanan Kesehatan untuk Sebesar-besarnya Kemakmuran Rakyat” yang diselenggarakan di Politeknik Kesehatan Kemenkes Pontianak pada hari jumat, 13 Oktober 2017. Kuliah umum tersebut dihadiri oleh Auditor Utama Keuangan Negara KN VI, Dori Santosa, Staf Ahli Bidang Keuangan Pemerintah Daerah, Barlean Suwondo, Kepala Perwakilan Kalimantan Barat, Ida Sundari, Direktur poltekkes Pontianak, Khayan, Inspektur II Kemenkes RI, Muh. Nur Nasirudin,  para dosen, serta civitas akademisi.

Anggota VI BPK RI berpesan kepada para mahasiswa baik mahasiswa muhammadiyah maupun Poltekkes agar untuk selalu menuntut ilmu setinggi-tingginya agar generasi muda kita tidak selalu tertinggal terlalu jauh oleh negara-negara tetangga, karena tantangan ke depan akan semakin berat. “tuntut lah ilmu setinggi-tingginya karena kalau kita menguasai ilmu maka kita dapat mengusai dunia” begitu kata Anggota VI.

Acara diakhiri dengan pertukaran cinderamata antara BPK RI dengan Universitas Muhammadiyah dan Poltekkes Kesehatan Kemenkes serta berfoto bersama antara jajaran  kedua Universitas tersebut dan pejabat BPK serta mahasiswa.


  • Polls

    Bagaimana Pendapat Anda Terkait Tampilan Website Kami ???

    View Results

    Loading ... Loading ...