Peringatan Hari Pahlawan ke-72 Tahun 2017 di BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat

10/11/2017 – 17:33

Pontianak – 10 November 2017. Mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia, para peringatan Hari Pahlawan ke-72 yang jatuh pada hari Jumat, 10 November 2017 Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat mengadakan upacara bendera. Selaku Inspektur upacara yaitu Plh. Kepala Perwakilan, Aan Hayatullah menyampaikan amanat Meneteri Sosial Republik Indonesia, Khofiffah Indar Parawansa yang mengambil tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”. Tema tersebut merupakan gambaran dari tahapan yang masih perlu diwujudkan oleh Indonesia, yaitu membangun dan memperkokoh persatuan, untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil, dan makmur.

Saat ini harapan akan masa depan  yang lebih baik seperti yang tertuang dalam Pancasila dan UUD 1945 telah ditambatkan oleh Pemerintahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Wakil Presiden, H.M. Jusuf Kalla melalui sebuah visi transformatif yang mengarahkan dan menghimpun gerak seluruh elemen Republik Indonesia yakni: “Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong – royong.”

Dalam rangka mewujudkan visi tersebut, telah dirumuskan sembilan agenda prioritas pemerintahan ke depan yang disebut NAWA CITA. Kesembilan agenda prioritas itu bisa dikategorisasikan ke dalam tiga ranah: ranah mental-kultural, ranah material (ekonomi) dan ranah politik. Pada ketiga ranah tersebut, Pemerintah saat ini berusaha melakukan berbagai perubahan secara akseleratif, berlandaskan prinsip-prinsip Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 . Ketiga ranah pembangunan tersebut bisa dibedakan tapi tak dapat dipisahkan. Satu sama lain saling memerlukan pertautan secara sinergis. Perubahan mental-kultural memerlukan dukungan politik dan material berupa politik kebudayaan dan ekonomi budaya. Sebaliknya perubahan politik memerlukan dukungan budaya dan material berupa budaya demokrasi dan ekonomi politik.

Diakhir sambutannya Menteri Sosial mengajak seluruh masyarakta Indonesia untuk secara bersama-sama mengheningkan cipta selama 60 detik untuk mengenang jasa para pahlawan khususnya yg gugur pada saat melawan penjajah pada tanggal 10 November 1945 di Surabaya pada pukul 08.15 WIB. Selain itu juga mengajak kepada  seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini.

SELAMAT HARI PAHLAWAN


  • Polls

    Bagaimana Pendapat Anda Terkait Tampilan Website Kami ???

    View Results

    Loading ... Loading ...