73 Tahun Pancasila Sudah Menjadi Bintang Pemandu Bangsa Indonesia

01/06/2018 – 09:16

Pontianak, 1 Juni 2018 – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang ke-73 Tahun 2018 , Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan barat melaksanakan Upacara Bendera yang bertempat di halaman Kantor Perwakilan. Sebagai Inspektur Upacara adalah Kepala Sekretariat Perwakilan, Aan Hayatullah yang dalam hal ini sebagai Plh. Kepala Perwakilan serta diikuti oleh seluruh Pegawai di lingkungan BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam upacara kali ini Inspektur Upacara membacakan sambutan dari Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo yang mengatakan bahwa Pancasila merupakan pemersatu segala perbedaan, Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup lebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita harus terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhineka Tungggal Ika. Kita harus bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin.

Selain itu presiden menyampaikan di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini harus kita manfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi, semangat gotong royong yang merupakan budaya luhur bangsa harus terus kita pupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Atas nama seluruh rakyat Indonesia saya menyampaikan terimakasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada para founding fathers atas warisan luhur Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila yang kita nikmati saat ini. Saya juga ingin menyampaikan terimakasih dan penghrgaan kepada generasi berikut yang telah menanamkan pemahaman dan pengamalan pancasila dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara” ujar Joko widodo

Diakhir sambutannya Presiden mengajak seluruh ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintah, para aggota TNI/Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan pancasila dalam keseharian kita. Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju Negara yang maju dan jaya.

Selamat Hari Lahir Pancasila!

Kita bersatu!

Kita berbagi!

Kita Berprestasi!.


  • Polls

    Bagaimana Pendapat Anda Terkait Tampilan Website Kami ???

    View Results

    Loading ... Loading ...