BPK Goes to School ke SMAN 1 Pontianak

03/08/2018 – 10:44

Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat mengadakan kegiatan public awarness untuk kalangan pelajar yang diberi nama “BPK Goes to School”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2018 di SMA N 1 Pontianak dengan tema “Mengenal BPK Lebih Dekat”. Kegiatan BPK Goes to School bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para siswa tentang pentingnya fungsi BPK sebagai pengawal harta negara serta menumbuhkan public awarness siswa untuk turut serta menjaga aset negara.

Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Plh. Kepala Perwakilan, Aan Hayatullah, SE.,MM dan Kepala Subbagian Humas dan Tata Usaha Kepala Perwakilan, Wizar Dien Yatim S.E., Ak., MM., CA. Turut mendampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 1 Pontianak Rahmad Fransjoyo Pandi, S.Pd.

Dalam paparannya, Aan Hayatullah menjelaskan mengenai peran dan fungsi BPK sebagai lembaga eksternal pemerintah yang bertugas memeriksa Keuangan Negara. BPK harus memastikan pengelolaan keuangan negara dapat mewujudkan tujuan negara, yaitu mencapai masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera, melalui pemeriksaan yang berkualitas. Dalam pelaksanaan tugasnya BPK senantiasa menjunjung tinggi niai-nilai dasar BPK yaitu Integriras, Independensi dan Profesionalisme. Sementara Wizar Dien Yatim memaparkan tentang gambaran umum karir di BPK sebagai bagian dari perencanaan dan memberikan motivasi bagi para pelajar yang tertarik untuk berkarir dan mengabdi sebagai ASN pemeriksa di Badan Pemeriksa Keuangan. Selain itu diuraikan juga, terkait dengan keterbukaan informasi terkait data atau dokumen hasil pemeriksaan yang diperlukan oleh setiap warga negara termasuk para pelajar antara lain dalam penyusunan tugas atau perlu data untuk melakukan penelitian. Bagi yang membutuhkan dapat mendatangani Pusat Informasi dan Komunikasi (PIK) BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat.

Antusiasme peserta dari para siswa yang merupakan perwakilan dari para Pengurus Kelas yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris dan Bendahara dari 36 kelas, terlihat dari banyak siswa yang bertanya dan memberikan tanggapan pada acara tersebut.

Dalam kesempatan ini, para siswa juga diajak untuk menyaksikan salah satu film hasil karya pemenang lomba film BPK yang berjudul “Takut Pacar”. Para siwswa semakin antusias saat pembagian doorprize dan pengumuman pemenang lomba upload foto instagram di photo booth yang telah disediakan oleh panitia. Dari sekian banyak foto yang masuk dengan hashtag #kawalhartanegara, dipilih 10 pemenang dengan foto dan caption paling menarik untuk mendapatkan hadiah. Selain itu dari panitia disediakan pula. Selain souvenir menarik bagi yang disediakan oleh panitia bagi peserta/siwa yang bertanya juga disediakan doorprize.


  • Polls

    Bagaimana Pendapat Anda Terkait Tampilan Website Kami ???

    View Results

    Loading ... Loading ...