BPK Sebagai Lembaga Negara yang Bertugas Memeriksa Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara Harus Mengambil Peran Strategis untuk Mengisi Kemerdekaan

17/08/2018 – 10:33

Pontianak, 17 Agustus 2018, – Seluruh pegawai di lingkungan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 Tahun 2018 yang pelaksanaannya diselenggarakan di Halaman Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kailmantan Barat.

Tema Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2018 adalah “Kerja Kita Prestasi Bangsa “.  Peringatan HUT kemerdekaan tahun ini sangat istimewa karena Indonesia kembali menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games ke-18 yang mengusung tema “ The Energy of Asia ”. Sejalan dengan hal tersebut, terlahir dua tema utama perayaan kemerdekaan kita tahun ini, yaitu Kerja dan Energi.  Kedua tema ini diharapkan dapat memberikan dampak kepada masyarakat Indonesia agar tercipta semangat dalam bekerja bersama membangun negeri dan semangat untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi dunia.

Ketua BPK RI, Prof. Dr. Moermahadi Soerja Djanegara, CA., CPA., dalam sambutan yang dibacakan oleh Plh. Kepala Perwakilan, Aan Hayatullah  yang dalam hal ini sebagai Inspektur Upacara menyampaikan  bahwa BPK sebagai lembaga negara yang bertugas untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara harus mengambil peran strategis untuk mengisi kemerdekaan ini. BPK berperan penting untuk memastikan program-program prioritas pembangunan nasional telah direncanakan, dilaksanakan, dan dilaporkan secara transparan, akuntabel, ekonomis, efisien, dan efektif.

Begitu besarnya harapan negara dan rakyat kepada BPK, sepantasnyalah hal tersebut menjadi dorongan yang kuat bagi kita untuk bekerja dengan sungguh-sungguh dan memberikan kemampuan terbaik dalam rangka mendorong tercapainya tujuan negara, melalui tugas pemeriksaan kita yang berkualitas dan bermanfaat.

Dalam perjalanannya untuk menegakkan komitmen dan mempertahankan capaian guna meningkatkan kualitas pemeriksaan dan kelembagaan, BPK menghadapi tantangan yang dapat mengganggu kinerja dan kredibilitas BPK sebagai lembaga pemeriksa. Hal ini dapat kita cegah, apabila kita memahami dan melaksanakan Kode Etik BPK secara konsisten dan konsekuen, terutama bagi Pemeriksa BPK yang menjadi tulang punggung pencapaian hasil pemeriksaan yang merupakan core BPK.

Selain itu, Ketua BPK juga menyampaikan kabar gembira kepada para pegawai BPK yang telah bekerja dengan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai dasar BPK yaitu diantaranya adalah peningkatan pelayanan kesejahteraan pegawai BPK dengan akan diadakannya program Managed Care . Program ini merupakan peningkatan layanan kesehatan bagi seluruh pegawai BPK selain yang disediakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Selain itu, BPK akan bekerja sama dengan pengembang perumahan untuk memfasilitasi perumahan yang dapat dijangkau oleh pegawai BPK. Program-program tersebut merupakan pilihan tetapi diharapkan dapat diikuti oleh seluruh pegawai BPK demi peningkatan kesehatan dan kesejahteraan. Pada tahun ini juga pegawai BPK Insya Allah akan segera menerima kenaikan Tunjangan Kinerja.

Diakhir sambutannya Ketua BPK mengajak seluruh pegawai senantiasa bekerja dengan kompak, bersinergi, dan penuh semangat dan tetap memegang teguh integritas, independensi, dan profesionalisme untuk meningkatkan kepercayaan pemangku kepentingan.

Pada Upacara kali ini Plh. Kepala Perwakilan memberikan Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor: 75/TK/TAHUN 2018 tanggal 30 Juli 2018 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada Wizar Dien Yatim (Kasubbag Humas dan TU Kepala Perwakilan), Ugi Surya Sugia (Kasubbag SDM), Haryo Pamungkas (Kasubbag Keuangan) dan Gatot Tri Susanto (Kasubbag Umum dan TI) dengan Satyalancana Karya Satya XX Tahun, serta Mohamad Septian Wicaksono (Staf Subbag Humas dan TU Kepala Perwakilan) dan Papang Arivianto (Staf Pemeriksa) dengan Satyalancana Karya Satya X Tahun.


  • Polls

    Bagaimana Pendapat Anda Terkait Tampilan Website Kami ???

    View Results

    Loading ... Loading ...