Survei ADKAR Tahun 2018 Dilaksanakan di BPK Perwakilan Kalimantan Barat

11/10/2018 – 09:45

Pontianak, 09 Oktober 2018,- Pegawai BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat mengikuti kegiatan Survei  Awareness, Desire, Knowledge, Ability, Reinforcement (ADKAR) Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Direktorat PSMK di Aula BPK Perwakilan Kalimantan Barat. Acara yang diikuti oleh 30 pegawai yang terdiri dari unsur pemeriksa dan penunjang ini dilaksanakan pada hari Selasa, 9 Oktober 2018 mulai pukul 09.00 WIB. Kepala Perwakilan BPK Kalimantan Barat, Joko Agus Setyono berkesempatan membuka secara langsung kegiatan survei ini sekaligus menjadi responden dalam survei tersebut.

Dalam sambutannya Kepala Perwakilan menyampaikan bahwa, survei ADKAR merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun sebagai salah satu bentuk monitoring atas implementasi rencana strategis (Renstra) BPK. Hasil dari survei ini diharapkan dapat memberikan informasi terkait kondisi saat ini, terutama setelah pelaksanaan perubahan pada implementasi Renstra BPK Periode sebelumnya atas beberapa inisiatif strategis BPK yaitu terkait : pengembangan strategi best practice sharing (BPS); Implementasi Budaya Berintegritas, Independen, dan Profesional (Budaya ber-IIP); Pemanfaatan aplikasi SIAP-LK V9; dan kebijakan pemeriksaan dalam Renstra BPK (Tema dan Fokus Pemeriksaan).

Visi BPK dalam Renstra Tahun 2016 – 2020 adalah menjadi pendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat. Sedangkan misi BPK adalah memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara secara bebas dan mandiri, serta melaksanakan tata kelola organisasi yang berintegritas, independen, dan profesional.

Kualitas pemeriksaan BPK diharapkan dapat terus ditingkatkan. Hal ini merupakan suatu kewajiban. Nilai-nilai dasar BPK yakni integritas, independensi, dan profesionalisme harus terus ditegakkan dan diperkuat. Sistem pengendalian mutu BPK baik di tingkat pemeriksaan maupun kelembagaan juga harus terus diperkuat.

Sebelum survei ADKAR Tahun 2018 dilaksanakan dipaparkan juga hasil survei ADKAR Tahun 2017 oleh Tim dari Staf PSMK yaitu Medio Oktovianto dan Haryp Hadisaputro yang menyangkut tentang Pemahaman dan Pengetahuan atas Budaya Berintegritas, Independen dan Profesional, Pemahaman dan implementasi Renstra dan RIR BPK periode 2016—2020 dan Aplikasi Sistem Pemantauan Tindak Lanjut (SiPTL). Selanjutnya dilaksanakan survei tahun 2018 yang dilakukan melalui sarana digital dan online.


  • Polls

    Bagaimana Pendapat Anda Terkait Tampilan Website Kami ???

    View Results

    Loading ... Loading ...