PEKAN OLAHRAGA HUT BPK RI KE-72 MENGUSUNG TEMA “ENERGI, SINERGI, PRESTASI”

14/01/2019 – 11:40

Pontianak, 14 Januari 2019, – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Badan Pemeriksa Keuangan RI ke-72 Tahun 2019, dimeriahkan dengan penyelenggaraan Pekan Olahraga dan Seni di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat. Pekan Olahraga dan Seni yang berlangsung selama lima (5) hari sejak tanggal 7 – 11 Januari 2019 ini mengusung tema “Energi, Sinergi, Prestasi”. Kepala Perwakilan, Joko Agus Setyono didampingi oleh para pejabat stuktural, secara simbolis membuka pekan olahraga HUT BPK ke-72 ini dengan melakukan servis bola voli pertama untuk membuka pertandingan bola voli.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan menekankan bahwa pekan olahraga ini harus dijadikan momentum untuk merajut kebersamaan dan kekompakan kembali sebelum memulai pekerjaan di tahun 2019 ini. Kemudian terkait dengan kejujuran dan integritas, dalam setiap pertandingan dan perlombaan Kepala Perwakilan menekankan harus jujur dan sportif serta tidak berbuat kecurangan. Selain itu dalam kegiatan utama BPK yaitu kegiatan pemeriksaan dan pelayanan kepada pihak stakeholder agar para pemeriksa dan para pegawai penunjang  menjunjung tinggi nilai-nilai dasar BPK yaitu Integritas, Independen dan Profesional. Salah satu penyebab kegagalan meraih Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dalam Pembanguan Zona Integritas BPK Perwakilan Kalimantan Barat diantaranya, terkait dengan persepsi entitas terhadap perilaku para tim pemeriksa yang belum sepenuhnya menilai dengan baik. Hal ini karena masih adanya sikap-sikap pemeriksa yang kurang memperhatikan kode etik, dan mengabaikan nilai-nilai dasar BPK. Untuk itu ke depan, agar sikap-sikap tersebut dapat diperbaiki dan tidak terulang kembali.

Beberapa cabang olah raga yang dipertandingkan dalam Pekan Olahraga ini antara lain pertandingan Bola Voli, Futsal, Tenis Meja Beregu, Badminton Beregu, Catur, Gaple, dan Karaoke. Peserta lomba dibagi menjadi 4 kontingen, yaitu dari Sekretariat beserta tim cleaning servis pria, Subaud Kalbar I, Subaud Kalbar II, dan Satpam beserta tim cleaning servis wanita. Sistem pertandingan untuk cabang olah raga Bola Volly, Futsal, Tenis Meja dan Badminton menggunakan sistem setengah kompetesi (round robbin),  sedangkan untuk Catur menggunakan Sistem Swis 4 babak dengan penentuan lawan dan buah setiap babak (pairing) menggunakan aplikasi Swiss Perfect serta pertandingan gaple menggunakan sistem gugur. Untuk perlombaan karaoke dilangsungkan secara bertahap, dimana masing-masing kontingen mengirimkan 4 atau 5 peserta, kemudian oleh Dewan Juri dipilih 2 terbaik dari masing-masing kontingen. Selanjutnya 2 peserta dari masing-masing kontingen berlomba kembali sampai diperoleh 3 peserta terbaik. Selanjutnya 3 peserta terbaik berlomba kembali untuk menentukan peringkat pertama dalam babak grand final (terakhir). Pelaksanaan lomba dilakukan di lingkungan kantor BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat, sedangkan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba dilaksanakan pada saat acara Family Gathering yang dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2019.

Adapun Juara Umum Pekan Olahraga HUT BPK RI Ke-72 di Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2019 diraih oleh Tim Sekretariat, setelah meraih beberapa juara di berbagai lomba.  Rincian pemenang pertandingan dan perlombaan bagai berikut:

  1. Bola Voli : Satpam
  2. Futsal : Subaud Kalbar II
  3. Tenis Meja

Beregu Putera          : Sekretariat

Ganda Puteri                       : Subaud I

  1. Badminton

Beregu Putra           : Subaud Kalbar I

Ganda Puteri           : Sekretariat

  1. Catur : Sekretariat
  2. Gaple : Satpam
  3. Karaoke : Sekretariat

  • Polls

    Bagaimana Pendapat Anda Terkait Tampilan Website Kami ???

    View Results

    Loading ... Loading ...