BPK GOES TO CAMPUS, IAIN PONTIANAK “Peran BPK dalam Mendorong Transparansi dan Akuntanbilitas Pengelolaan Keuangan Negara”

20/03/2019 – 11:51

Pontianak, 19 Maret 2019, BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat bekerja sama dengan Biro Humas da Kerjas Sama Internasional melaksanakan pengenalan kegiatan BPK melalui acara BPK Goes to Campus kepada para mahasiswa, dosen dan karyawan IAIN Pontianak. Perkenalan tersebut d kemas dalam bentuk Kuliah Umum, kuis yang berkaitan dengan BPK, serta pembagian doorprize. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman mengenai tugas, fungsi, kewenangan dan peran BPK dalam mendorong transparansi dan akuntanbilitas pengelolaan keuangan negara dan menjalin dialog yang positif antara BPK dan civitas akademisi sebagai salah satu langkah untuk bersama-sama mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel.

Acara dimulai pada pukul 9.30 WIB yang didahului dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Setelah itu, sambutan dari Rektor IAIN Pontianak, Dr. H. Syarif, MA. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh  Wakil Ketua BPK RI Prof. Dr. Bahrullah Akbar, M.B.A dengan tema “Peran BPK dalam Mendorong Transparansi  dan Akuntanbilitas   Pengelolaan Keuangan Negara”, yang dipandu oleh moderator Wakil Rektor II, Dr. Saifuddin Herlambang, M.A. Dalam paparannya, Bahrullah Akbar  menjelaskan pertama, mungkin ada yang belum kenal BPK sebagai lembaga tinggi negara. Jadi setelah keluar dari kegiatan ini bisa kenal dan bisa sayang dengan BPK. Kedua, apa sih tugas pokok, fungsi dan kewenangan dari BPK ? Ketiga, keuangan Negara itu apa? Setelah keluar dari sini bisa mengenal BPK, mungkin suatu saat kita bisa menerima lulusan dari IAIN Pontianak.

Kesimpulannya, BPK merupakan Lembaga Tinggi Negara yang sederajat dengan lembga tinggi negara lainnya seperti Presiden, MPR, DPR, DPD, MA, dan MK, dalam rangka cek dan balance. Kedua, seluruh uang Negara harus dipertanggung jawabkan. Ketiga, BPK diberikan amanah untuk melaksanakan pemeriksaan tanggung jawab pengelolaan keuangan Negara.

Pada sesi dialog, tampak antusias peserta mengajukan pertanyaan. Dengan lugas Wakil Ketua BPK menjawab pertanyaan peserta. Sesi berikutnya Prof. Dr. Bahrullah Akbar yang melakukan feedback mengajukan pertanyaan. Peserta yang berhasil menjawab pertanyaan diberikan dorprize.


  • Polls

    Bagaimana Pendapat Anda Terkait Tampilan Website Kami ???

    View Results

    Loading ... Loading ...