Diseminasi Hasil Rakor dan Paparan Materi Keprotokolan BPK Perwakilan Kalbar

03/05/2019 – 08:04

Pontianak, Jumat, 3 Mei 2019, Dalam rangka Pembangunan Zona Integritas untuk peningkatan layanan prima, BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat mengadakan Diseminasi Hasil dan Paparan Materi Rakor Keprotokolan.   Sebagai pengantar acara dibuka oleh Kepala Sekretariat Perwakilan dengan menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Kegiatan diseminasi dan paparan hasil rakor keprotokolan ini, sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan prima kepada pimpinan BPK dan stake holder BPK lainnya.
  2. Bagi para pegawai yang selama ini tidak mengurusi keprotokolan, diharapkan memberikan pengetahuan dan pemahaman, bagaimana dalam penanganan pimpinan dan tata tempat khususnya apabila menyelenggarakan kegiatan. Ini juga menjadi bekal apabila suatu saat para pegawai ada yang dimutasi ke satker yang mengurusi keperluan pimpinan, atau di Subbag protokol dan layanan pimpinan.
  3. Untuk selanjutnya, diharapkan dalam rangka pembangunan zona integritas dan memberikan pelayanan yang lebih baik, paparan juga dapat dilakukan oleh Subbag yang lainnya, seperti tentang Pengelolaan Arsip oleh Subbag Umum dan Pelayanan kepegawaian oleh Subbag SDM.
  4. Kegiatan ini juga, diharapkan dapat menjadi pendorong dalam menyelaraskan berbagai Instruksi Kerja yang ada di Perwakilan, sehingga diharapkan lebih tepat dan sesuai dengan kondisi yang diharapkan.

Setelah pengantar dan sambutan dari Kasetlan, dilanjutkan dengan paparan hasil rakor dan materi terkait dengan keprotokolan, yang disampaikan oleh Wizar Dien Yatim (kasubbag Humas dan TU Kepala Perwakilan) beserta Wahid Rakhmanto (Staf Subbag Humas dan TU Kepala Perwakilan). Dalam paparannya narasumber menyampaikan:

  1. Rakor Keprotokolan yang diselenggarakan oleh Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat, tanggal 29 s.d. 30 April 2019 telah menyepakati dibentuknya Kepengurusan Forum Komunikasi Keprotokolan Daerah Provinsi Kalimantan Barat, yang terdiri dari Para Kepala Bagian atau Kepala Subbagian Protokol Provinsi/Kabupaten/Kota dan  Instansi Vertikal se-Kalimantan Barat. Kepengurusan dalam bentuk ex officio, dari masing-masing instansi. Sebagai Ketua Forum adalah Kepala Bidang Protokol Provinsi Kalimantan Barat (Jimmy Imanuddin). Untuk kepengurusan seluruhnya sedang disusun dengan mengikutsertakan para protokol dari masing-masing Kabupaten/Kota dan Instansi vertikal serta dari Pemerintah Provinsi Kalbar.
  2. Untuk kemudahan komunikasi dan informasi, telah dibentuk grup WA, Forum Komunikasi Protokol se-Kalbar dimana Kasubbag Humas dan TU Kepala Perwakilan, sebagai salah satu anggota dari grup WA tersebut. Dengan bergabungnya di grup WA tersebut, informasi kegiatan penting dari instansi yang ada di Provinsi Kalimantan Barat, dapat terpantau dan dapat juga menjadi bahan untuk perencanaan kegiatan di BPK Perwakilan, maupun konfirmasi kehadiran manakala ada undangan kepada pimpinan BPK Perwakilan.
  3. Selanjutnya narasumber menyampaikan materi terkait Konsep Keprotokolan dan Dinamika dalam Pelayanan kepada Pimpinan, dengan garis besar materi menyangkut:
  • Seputar Lahirnya UU Nomor 9 Tahun 2010 Tentang Keprotokolan;
  • Tujuan Pengaturan & Ruang Lingkup Keprotokolan;
  • Dinamika Pelayanan Keprotokolan Pimpinan;
  • Memahami Acara Kenegaraan dan Resmi;
  • Landasan dan Sumber Hukum Keprotokolan;
  • Fungsi Tugas Protokol;
  • Bagaimana Mendampingi Pimpinan dalam Suatu Acara;
  • Bagaimana Mengatur Pimpinan dalam Kunjungan ke Daerah.

Acara kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi, yang dipandu langsung oleh Kepala Sekretariat Perwakilan. Setelah paparan dan diskusi selesai, selanjutnya acara ditutup oleh Kepala Sekretariat Perwakilan.


  • Polls

    Bagaimana Pendapat Anda Terkait Tampilan Website Kami ???

    View Results

    Loading ... Loading ...