Penyerahan LHP Kabupaten Landak Tahun Anggaran 2010

10/10/2011 – 13:35

webHari ini, Senin tanggal 10 Oktober 2011 bertempat di ruang rapat pimpinan lantai dua, BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Landak Tahun Anggaran 2010. Laporan diserahkan oleh Kepala Perwakilan, Adi Sudibyo, kepada Ketua DPRD Heri Saman serta dilanjutkan kepada Pemerintah Kabupaten Landak yang dalam hal ini diterima oleh Wakil Bupati Herkulanus Heriadi.

Dalam sambutannya Kepala Perwakilan menyampaikan bahwa untuk Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Landak Tahun Anggaran 2010 memperoleh opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Hal ini dikarenakan masih ditemukannya beberapa permasalahan oleh tim pemeriksa saat melakukan pemeriksaan yaitu diantaranya: Saldo Persediaan sebesar Rp 6,2 M yang disajikan pada Neraca per 31 Desember 2010 tidak andal dan kurang catat, Saldo Aset Tetap pada Neraca per 31 Desember 2010 sebesar Rp 1,6 Trilyun tidak andal, kegiatan beasiswa bagi mahasiswa asal Kabupaten Landak pada Dinas Pendidikan dianggarkan dan direalisasikan pada Belanja Pegawai. Serta beberapa permasalahan lainnya. Selain itu juga Kepala Perwakilan menyampaikan harapannya agar temuan-temuan yang ada untuk segera ditindak lanjuti selambat-lambatnya 60 hari setelah diterimanya laporan tersebut.

Sementara itu, Ketua DPRD dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap BPK RI yang telah bekerja keras untuk menyelesaikan pemeriksaan walaupun Pemerintah Kabupaten Landak terlambat menyerahkan Laporan Keuangan karena baru saja melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah. Selain itu, Beliau juga menyatakan bahwa akan membentuk Panitia Kerja agar segera menindaklanjuti temuan BPK dan sangat bersyukur karena pada tahun ini opini yang diperoleh oleh Pemerintah Kabupaten Landak naik satu peringkat, yaitu dari Tidak Wajar pada tahun yang lalu menjadi Wajar Dengan Pengecualian pada tahun ini.

Selanjutnya, Wakil Bupati Landak menyampaikan agar jajarannya tidak merasa puas atas opini yang telah diperoleh pada tahun ini, namun hendaknya menjadi target untuk lebih baik lagi di tahun mendatang. Beliau juga berharap agar BPK membimbing sumber daya manusia yang ada di Pemerintah Kabupaten Landak dalam hal pelaporan keuangan.

Dengan telah diserahkannya Laporan Keuangan dari Pemerintah Kabupaten Landak tersebut, maka BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat telah merampungkan seluruh pemeriksaan terhadap laporan keuangan terhadap lima belas entitas yang ada di wilayah Provinsi Kalimantan Barat.


  • Polls

    Bagaimana Pendapat Anda Terkait Tampilan Website Kami ???

    View Results

    Loading ... Loading ...