Rapat Kunjungan Kerja Komisi XI DPR RI di Kalimantan Barat

17/12/2012 – 17:00

IMG_5112Pontianak, 17 Desember 2012. Pada hari Senin, (17/12) bertempat di Hotel Mercure Pontianak, Kepala Perwakilan Adi Sudibyo mengikuti rapat kerja dalam rangka kunjungan kerja Komisi XI DPR RI di Kalimantan Barat. Kunjungan kerja yang dipimpin oleh Dr. H. Harry Azhar Azis, M.A. tersebut dilakukan dalam rangka untuk mengetahui penyerapan anggaran masing-masing satuan kerja mitra kerja Komisi XI DPR RI serta menghimpun masukan, saran dan kendala yang dihadapi masing-masing satuan kerja yang nantinya setiap permasalahan akan dimusyawarahkan di forum DPR RI untuk dicarikan penyelesaian.

Bersama dengan tamu undangan lain dari mitra kerja Komisi XI DPR RI antara lain Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Pusat Statistik (BPS), Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) dan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Adi Sudibyo memaparkan kinerja yang telah dilaksanakan oleh BPK RI dalam rangka mengelola dan memeriksa pertanggungjawaban keuangan negara.

Dalam paparannya, Adi Sudibyo menjelaskan mengenai pemeriksaan yang telah dilaksanakan dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2012 atas pelaksanaan pemeriksaan laporan keuangan daerah, pemeriksaan dengan tujuan tertentu dan pemeriksaan kinerja. Untuk pemeriksaan atas laporan keuangan daerah dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2012, BPK RI telah melaksanakan 15 pemeriksaan pada Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota di wilayah Kalimantan Barat. Sedangkan pada pemeriksaan dengan tujuan tertentu mengalami jumlah kenaikan pemeriksaan dimana pada tahun 2010 telah dilakukan sebanyak 9 pemeriksaan kemudian tahun 2011 dilakukan sebanyak 13 pemeriksaan dan tahun 2012 sudah terdapat 12 kali pemeriksaan dan masih ada pemeriksaan dengan tujuan tertentu lain yang belum diserahkan ke DPRD dikarenakan masih dalam tahap penyusunan laporan. Khusus pemeriksaan kinerja, Adi Sudibyo menjelaskan bahwa kedepannya BPK RI akan semakin memperbanyak jumlah pemeriksaan kinerja. Pada tahun 2010, pemeriksaan kinerja dilaksanakan hanya sekali, kemudian pada tahun 2011 bertambah menjadi 3 kali dan tahun 2012 sudah 4 laporan yang diserahkan ke DPRD dan sampai saat ini sedang disusun laporan yang akan diserahkan juga kepada DPRD.

Selain memaparkan pelaksanaan pemeriksaan, Adi Sudibyo juga memaparkan pelaksanaan pemantauan tindak lanjut hasil pemeriksaan dan pemantauan kerugian daerah terhadap 15 wilayah entitas pemeriksaan, serta tugas BPK RI lainnya dimana diantaranya adalah melaksanakan pemeriksaan investigatif untuk menghitung kerugian negara. Setelah pemaparan dari BPK RI, pemaparan dilanjutkan oleh tamu undangan lain dan dilanjutkan tanya jawab antara DPR RI dengan para tamu undangan.


  • Polls

    Bagaimana Pendapat Anda Terkait Tampilan Website Kami ???

    View Results

    Loading ... Loading ...