Survei ADKAR Tahun 2019 dan Focus Group Discussion

28/11/2019 – 00:07

Pontianak, 28 November 2019,- Dalam rangka mengukur sejauh mana pogram pelaksanaan kegiatan Renstra periode 2016-2020, Direktorat PSMK melaksanakan kegiatan survei di BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat. Survei ini merupakan survei tahunan dengan menggunakan pendekatan ADKAR (dari Prosci). ADKAR adalah berorientasi pada tujuan mengubah model manajemen yang memungkinkan perubahan tim manajemen untuk memfokuskan kegiatan mereka pada hasil bisnis yang spesifik. ADKAR itu adalah lima elemen yang akan dilalui saat melakukan proses pengelolaan pengubahan yaitu, awareness, desire, knowledge, ability, dan reinforcement.

 Pelaksanaan survei dilaksanakan di Hotel Garuda Pontianak, dengan melibatkan sekitar tiga puluh responden yaitu satu orang Pejabat eselon II, dua orang pejabat eselon III, dua orang pejabat eselon IV, para pemeriksa dan para pegawai penunjang dan pendukung di BPK perwakilan Provinsi Kalimantan Barat.

Survei terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pertama terkait dengan Implementasi atas budaya berintegritas, Independen dan Profesional melalui pembangunan Zona Integritas yang diikuti oleh semua responden. Tahap kedua yaitu terkait pemanfaatan aplikasi SiAP dan tahap ketiga terkait Pemanfataan aplikasi e-Audit yang hanya diikuti oleh para pemeriksan dan kepala perwakilan.

Kegiatan survei dibuka oleh Kepala Sekretariat Perwakilan, Aan Hayatullah, yang dalam sambutannya mengharapkan agar para responden dapat memberikan jawaban yang jujur dan lugas pada setiap pertanyaan atau pernyataan survei hal ini untuk dapat ditarik simpulan yang konkrit atas hal-hal yang perlu diperbaiki yang menjadi subjek survei ADKAR tahun ini.

Selain melaksanakan Survei ADKAR Direktorat PSMK juga menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) tentang Rancangan Teknokratik Renstra BPK RI 2020-2024 dan Strategi Pemeriksaan.  Dalam paparannya Kepala Seksi Perencanaan Strategis II pada Direktorat PSMK, Ester Indriaty Simanjuntak  mengatakan bahwa kegiatan FGD ini merupakan wujud memberikan pemahaman terhadap pegawai mengenai strategi kelembagaan dan juga strategi pemeriksaan khususnya pemeriksaan tematik lokal untuk periode 2020-2024.


  • Polls

    Bagaimana Pendapat Anda Terkait Tampilan Website Kami ???

    View Results

    Loading ... Loading ...