Rangkaian Kegiatan HUT BPK RI ke-73 di Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat

20/01/2020 – 19:17

Pontianak, 20 Januari 2020-, Dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Badan Pemeriksa Keuangan RI ke-73 Tahun 2020 yang jatuh pada tanggal 1 Januari 2020 Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan serangkaian acara, yaitu Penyelenggaraan Pekan Olahraga dan Seni yang berlangsung selama dua minggu sejak tanggal 6 s.d. 17 Januari 2020, Family Gathering pada hari Sabtu, 18 Januari 2020, serta ditutup dengan Upacara Bendera yang dilanjutkan kegiatan syukuran pada hari Senin, 20 Januari 2020. Untuk membangun dan memperkuat kebersamaan di BPK, rangkaian acara peringatan HUT BPK ke-73 ini mengusung tema “Bersatu Padu, BPK Maju”. Dengan semangat persatuan, setiap unit kerja didorong bersinergi untuk menghasilkan energi besar dalam mendukung pelaksanaan tugas-tugas BPK kedepan.

Beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Pekan Olahraga dan Seni HUT BPK ke-73 antara lain adalah pertandingan bola voli, gaple, catur, bulutangkis, tenis meja, basket, dan futsal. Sedangkan cabang seni yang dipertandingkan antara lain adalah lomba paduan suara dan lomba yel-yel. Peserta lomba dibagi menjadi empat kontingen, yaitu Sekretariat, Subaud Kalbar I, Subaud Kalbar II, dan Satpam beserta office boy (OB). Sistem pertandingan untuk bola voli, bulutangkis dan tenis meja adalah sistem gugur. Penyerahan hadiah bagi pemenang lomba dilaksanakan pada saat acara Family Gathering yang dilaksanakan pada tanggal 18 Januari 2020.

Adapun Juara Umum Pekan Olahraga HUT BPK RI ke-73 di Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2020 diraih oleh Tim Subaud Kalbar I, setelah meraih beberapa juara di berbagai lomba. Rincian pemenang pertandingan dan perlombaan adalah sebagai berikut:

Bola voli Satpam dan OB
Bulutangkis (ganda putra, ganda putri, beregu) Sekretariat
Tenis meja (ganda putra, ganda putri, beregu) Subaud Kalbar I
Basket Subaud Kalbar II
Futsal Subaud Kalbar II
Lomba yel-yel Subaud Kalbar II
Paduan suara (Mars BPK) Satpam dan OB
Paduan suara (nasional) Subaud Kalbar I
Paduan suara (bebas) Sekretariat
Gaple Subaud Kalbar II
Catur cepat Subaud Kalbar I

            Selanjutnya, rangkaian acara kedua peringatan HUT BPK RI ke-73 adalah kegiatan family gathering yang dilaksanakan di halaman Gedung Auditorat BPK Perwakilan Kalimantan Barat. Family gathering dihadiri seluruh pegawai beserta keluarga di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat, dengan kegiatan fun games, lomba mewarnai untuk anak pegawai, penyerahan hadiah lomba olahraga dan seni, serta pembagian doorprize. Acara diawali dengan penyampaian laporan pelaksanaan kegiatan dan hasil perlombaan olahraga dan seni oleh Agvita Windiadi selaku Ketua Pelaksana Peringatan HUT BPK RI ke-73. Kepala Perwakilan, Joko Agus Setyono, dalam sambutannya menyampaikan bahwa BPK telah mengalami banyak perkembangan dan kemajuan dalam kurun 73 tahun, serta mengajak seluruh pegawai untuk memanfaatkan kesempatan yang baik ini untuk mengembangkan diri dengan sebaik mungkin. BPK pada masa kini telah didukung aset yang memadai dan SDM dengan potensi luar biasa, sehingga seluruh pegawai harus mengacu pada kata kunci “kompetitif”, dimana SDM tanpa adanya kreativitas dan sikap bekerja keras akan tersingkir. Dalam kesempatan ini pula Kepala Perwakilan mengingatkan kembali akan budaya BPK yang dibentuk dari nilai-nilai dasar independensi, integritas dan profesionalisme. Kepala Perwakilan juga menekankan bahwa Zona Integritas perlu ditambahkan sebagai bahan reformasi birokrasi, yang mana BPK Perwakilan Kalimantan Barat belum berhasil mencapai predikat tersebut karena persepsi entitas yang diperiksa masih kurang. Untuk ke depan, BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat perlu lebih bekerja keras. Kepala Perwakilan selanjutnya membuka acara family gathering dengan pelepasan balon tanda perayaan HUT BPK RI.

Setelah sambutan dan pembukaan, acara dilanjutkan dengan fun games dan lomba mewarnai untuk anak pegawai. Seluruh peserta dibagi ke dalam 5 (lima) kelompok untuk berkompetisi dalam 3 (tiga) permainan yang telah disiapkan panitia. Permainan yang dilaksanakan adalah estafet bola pingpong, isi air estafet pake spon, dan menyusun menara koin sehingga terdapat 3 tim sebagai pemenang fun games.

Lomba mewarnai dengan peserta anak pegawai dilaksanakan di Ruang Kaca dengan waktu pelaksanaan 60 menit. Pembagian hadiah pemenang pekan olahraga dan seni, pemenang lomba mewarnai dan doorprize dilaksanakan secara bertahap selama acara dan ditutup dengan pengundian goldenprize berupa sepeda motor. Hadiah golden prize dimenangkan oleh pemeriksa Farida Agustini.

Upacara Bendera memperingati HUT BPK ke-73 dilaksanakan di Halaman Kantor Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat dengan diikuti seluruh Pegawai. Selaku Inspektur Upacara yaitu Kepala Perwakilan,. Upacara bendera dipimpin oleh Joko Sulistio selaku komandan upacara.

Inspektur Upacara membacakan sambutan Ketua BPK RI, Dr. Agung Firman Sampurna, CSFA., yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa selama 73 tahun, BPK telah menjadi saksi, ikut berperan, bahkan memperjuangkan pendirian hingga penyelenggaraan negara ini, khususnya dalam hal memeriksa pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara. Kita semua harus bersatu padu, saling mendorong, saling menguatkan untuk kemajuan BPK. Dibutuhkan Integritas, Profesionalisme dan Independensi yang kuat untuk mengemban tanggung jawab sebagai pemeriksa atau auditor eksternal. Prestasi BPK sebagai pemeriksa adalah bila dapat merampungkan hasil pemeriksaan sesuai dengan standar pemeriksaan, melalui quality control dan quality assurance yang ketat, mengungkap permasalahan signifikan dan memberi rekomendasi untuk perbaikan tata kelola keuangan negara dari entitas yang diperiksa. BPK mengusung slogan dan paket program “Accountability for All” atau akuntabilitas untuk semua. Slogan ini bermaksud memperluas makna akuntabilitas menjadi nilai dan budaya yang ditumbuhkembangkan dalam sendi kehidupan bermasyarakat. “Secara filosofis, slogan ini bermaksud memperluas makna akuntabilitas, dari bermakna sempit pada akuntabilitas pengelolaan keuangan negara, diperluas menjadi nilai dan budaya yang ditumbuhkembangkan dalam sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pada upacara bendera kali ini Inspektur Upacara juga memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada delapan Pegawai di lingkungan BPK Provinsi Kalimantan Barat sesuai Keputusan Presiden Nomor 132/TK/Tahun 2019 Tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karyasatya. Penghargaan ini diberikan kepada pegawai yaitu Supriyatmini, Arief Hadiwibawa, Aryanto, Andri Hadiwibowo, Khoirul Yusri, Novy Asmidar Chan, Randite Herawan, dan Zakiy Mubarak yang telah mengabdi selama 10 tahun.

==========DIRGAHAYU BPK RI KE-73 BERSATU PADU, BPK MAJU========


  • Polls

    Bagaimana Pendapat Anda Terkait Tampilan Website Kami ???

    View Results

    Loading ... Loading ...